Ketika Anda harus tinggal dalam sebuah ruko yang sekaligus sebagai tempat usaha, maka pastikan jika bangunan tersebut memiliki dua ketentuan utama yaitu strategis untuk memajukan usaha dan nyaman sebagai tempat tinggal. Ya, selain untuk kepentingan usaha Anda pun harus memperhatikan bagaimana kenyamanan rumah toko tersebut. Dimana sebenarnya kenyamanan ini bukan hanya akan berdampak pada kenyamanan tinggal Anda dan keluarga namun juga kenyamanan pengunjung yang datang ke ruko tersebut.

Membuat Design Ruko Agar Lebih Nyaman dan Menarik

Salah satu cara untuk membuat kenyamanan ruko sempurna adalah dengan memaksimalkan design ruko. Dimana Anda bisa mengubah design awal dengan design baru yang lebih menggambarkan diri Anda dan mampu menambah kenyamanan serta keindahan ruko. Dan berikut ini adalah tips membuat design ruko agar bisa menjadi tempat usaha sekaligus tempat tinggal yang nyaman dan indah.

1. Tentukan konsep

Sebelum Anda membeli ruko pastinya Anda sudah melihat bagaimana konsep bangunan tersebut. dimana saat ini konsep ruko minimalis sedang banyak disukai dan dipilih oleh masyarakat, mengingat konsep minimalis ini mampu membuat ruko yang sempit terkesan lebih luas dan lapang.

Sayangnya, konsep ini biasanya hanya berbatas pada konsep bagian luar bangunan atau eksterior saja. Sehingga untuk interior ruko Anda harus menentukannya sendiri. Untuk itulah Anda bisa menyalurkan kreativitas Anda untuk membuat design ruko bagian dalam menjadi lebih menarik.

Tak ada salahnya jika Anda membuat konsep interior ruko yang berbeda dengan konsep eksteriornya. Namun jika Anda menginginkan konsep yang sama, maka buatlah keduanya selaras dan nampak menarik dengan sisi keunikan di setiap bagian.

2. Pemilihan properti

Setelah menentukan konsep ruko secara menyeluruh, kemudian lanjut pada pemilihan properti yang akan digunakan pada ruko tersebut. Dimana jenis dan model properti biasanya akan disesuaikan dengan design ruko bagian dalam/interior.

Seperti design minimalis yang identik dengan properti multifungsi dan dengan model simple. Kemudian untuk ruko dengan konsep kontemporer yang tak jauh berbeda dengan konsep minimalis namun lebih menekankan pada warna-warna netral yang elegan.

Sedangkan untuk Anda yang memilih konsep unik, Anda juga bisa memaksimalkan penunjukkan konsep tersebut dengan properti yang senada. Semisal untuk ruko berkonsep bangunan tradisional Jepang yang digunakan sebagai tempat makan ramen, maka bisa memilih properti seperti karpet dan bantal duduk yang dilengkapi meja duduk khas Jepang.

3. Hiasan

Untuk mempercantik tampilan ruko Anda bisa menambahkan hiasan pada ruangan. Dimana pemilihan hiasan ruangan ini bisa berdasarkan dua hal yaitu sesuai konsep atau hiasan unik. Dimana hiasan yang menyesuaikan konsep atau design ruko maka umumnya akan selaras dengan properti yang digunakan.

Sedangkan hiasan yang lebih menonjolkan keunikan pada benda tersebut umumnya akan berbeda dari konsep yang dipilih. Dengan begitu keunikan hiasan bisa jadi on point dalam ruangan tersebut.

4. Sekat

Jika 3 tips menentukan design ruko di atas lebih menekankan pada keindahan ruko, namun tips berikut ini akan lebih menekankan pada kenyamanan ruko. Dimana kenyamanan ruko bisa ditentukan dari luas ruko. Semakin luas ruko yang dibangun akan semakin mudah untuk mengaturnya menjadi hunian sekaligus toko yang nyaman. Namun bagaimana dengan ruko yang berukuran kecil? Disinilah PR Anda untuk bisa membuatnya menjadi tak kalah nyamannya.

Tips untuk membuat design ruko kecil agar terkesan luas dan lebih nyaman yaitu dengan mengurangi sekat. Buatlah bangunan dengan sekat seminimal mungkin dan pada ruangan yang sangat penting saja. Kemudian pada ruang lain buatlah secara terbuka atau jika tak memungkinkan buatlah sekat semi permanen yang hanya menutup setengah ruangan saja.

5. Pilihan warna

Terlepas dari konsep dasar ruko, Anda juga bisa lebih berkreasi dengan pemilihan warna ruko. Dimana pemilihan warna cat dinding ruko ini bukan hanya bisa Anda sesuaikan dengan warna kesukaan Anda namun juga sesuai dengan kondisi ruko.

Masih dengan permasalahan sama, yaitu untuk ruko berukuran kecil maka sebaiknya pilihlah warna-warna yang mampu membuat ruko terkesan lebih luas, seperti putih, silver, cream dan lain-lain. Sedangkan untuk ruko yang cukup luas Anda bisa lebih bebas bermain warna, hanya saja Anda pun perlu memperhatikan efek pencahayaan dari warna tersebut. Terlebih lagi untuk Anda yang menjadikan ruko tersebut sebagai outlet penjualan fashion dan aksesoris maka pencahayaan yang bagus akan sangat dibutuhkan.

Dengan begitu pastikan Anda memilih warna cat dinding ruko yang sesuai, baik untuk kenyamanan pribadi maupun untuk kenyamanan ruang usaha. Atau bisa sesuai dengan design ruko yang telah ditetapkan sejak awal. Nampaknya sangat menyenangkan bukan bisa mendesign ruko sendiri. Dengan desain yang Anda sukai dan sesuai dengan usaha yang Anda jalankan, diharapkan ruko tersebut bisa menjadi tempat terbaik untuk kemajuan usaha sekaligus tempat tinggal bersama orang terdekat.

Jadi tunggu apa lagi, tunjukkan kreativitas Anda dan jadikan tempat tinggal sekaligus tempat usaha tersebut menjadi tempat ternyaman.