Untuk memenuhi kebutuhan hidup, setiap orang tentu harus berusaha untuk memperoleh pendapatan baik dengan cara bekerja maupun berbisnis. Dalam konteks disini, bisnis bukan hanya berbatas pada bisnis produksi atau industri saja namun juga bisa dalam bentuk perdagangan.

Mau Tahu Bagaimana Cara Jual Beli Ruko Agar Cepat Laku Berikut Tipsnya

Untuk bisnis dagang sendiri sebenarnya sangat luas jangkauannya. Dimana segala macam benda bahkan jasa bisa Anda jual belikan dengan mudahnya. Terlebih lagi untuk kebutuhan-kebutuhan pokok seperti tempat tinggi.

Saat ini, tempat tinggal dalam bentuk ruko nampaknya jauh lebih disukai oleh mereka yang juga sedang menjalankan bisnis pribadinya. Melihat hal ini, tentu menjadi peluang besar bagi para pebisnis properti dimana proses jual beli ruko pasti akan meningkat seiring bertambahnya pengguna ruko. Bahkan bagi Anda yang merupakan pemain junior dalam bisnis jual beli ruko pun bisa melakukan transaksi dengan mudahnya.

Berikut adalah tips mudah untuk mempercepat proses transaksi jual beli ruko.

1. Perbanyak iklan

Sebagai pedang atau perantara transaksi, hal pertama dan utama yang harus Anda lakukan adalah dengan melakukan promosi atau iklan. Proses ini dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan berbagai media.

Bahkan untuk saat ini sosial media menjadi satu media yang sangat ampuh untuk meningkatkan penjualan. Dimana hampir semua orang menggunakan sosial media sehingga sangat mudah untuk memperkenalkan produk Anda melalui media ini.

Buatlah iklan semenarik mungkin, baik dari segi gambar maupun susunan kalimat yang menyertai gambar tersebut. Bahkan jika memungkinkan perbanyak lakukan paid promotion untuk memperluas jangkauan bisnis Anda.

2. Pelayanan

Baik bagi pembeli maupun penjual, pelayanan harus diperhatikan dengan baik mengingat transaksi jual beli ruko bukan hanya tentang produk yang dijual ataupun dibeli namun juga bagaimana kenyamanan client seketika melakukan transaksi.

Oleh sebab itu, sebagai penjual pastikan Anda selalu mengutamakan kenyamanan client dengan cara memberikan pelayanan yang baik. Mulai dengan keramahan hingga kecepatan respon dan pelayanan tambahan lain yang sekiranya dibutuhkan client, semisal penyediaan alat fotocopy untuk pembuatan syarat pembelian ruko yang mewajibkan adanya foto copy data diri pembeli.

3. Harga

Setelah melihat-lihat bagaimana ruko yang hendak dibeli, setiap pembeli atau client pasti selanjutnya akan mempertimbangkan berapa harga ruko tersebut. Sayangnya, kebanyakan client masih memilih prinsip untuk membeli ruko dengan harga terendah.

Sebagai penjual disinilah tugas penting Anda dalam menyukseskan proses jual beli ruko. Dimana Anda harus bisa mengubah prinsip atau pemikiran client dari “memilih yang termurah” dengan “memilih yang sesuai fasilitas dan kriteria ruko”.

Dengan begitu, sekalipun ruko yang Anda tawarkan memiliki harga yang sedikit lebih tinggi dari yang lain, namun berikan penjelasan tentang keunggulan yang dimiliki ruko tersebut. Dengan begitu harga yang lebih tinggi tidak akan menjadi masalah sebab fasilitas dan keunggulan yang dimiliki lebih banyak.

4. Kemudahan transaksi

Hal berikutnya yang pasti akan dipertimbangkan client sebelum melakukan transaksi jual beli ruko adalah bagaimana kemudahan atau proses transaksi. Sebab tak jarang dijumpai sebuah agen yang menetapkan syarat terlalu banyak dan bermacam sehingga akan sangat menyulitkan client.

Untuk itulah sebisa mungkin Anda tetapkan syarat yang mudah namun menjanjikan. Yaitu mampu memperlihatkan bagaimana tanggung jawab client untuk melunasi atau menyanggupi transaksi tersebut tanpa menyulitkan client. Selain itu Anda juga bisa mencoba untuk membantu pengurusan transaksi sehingga client akan merasa sangat terbantu dan dimudahkan.

Jika tips di atas lebih ditekankan bagi Anda yang ingin menjual ruko atau bagi agen-agen jual ruko, lalu bagaimana untuk calon pembeli atau client? Untuk calon pembeli atau client sendiri sebenarnya hanya beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk memilih ruko dan agen yang tepat saat melakukan transaksi jual beli ruko, yaitu.

1. Kualitas ruko

Sebelum melihat pada harga dan pelayanan pastikan terlebih dahulu Anda menyukai ruko yang hendak dibeli. Beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan untuk memilih ruko antara lain adalah lokasi ruko, ukuran, konsep bangunan dan fasilitas yang disediakan.

Sebagai tempat usaha, pastikan keempat hal tersebut dipenuhi dengan baik, sehingga kelancaran usaha Anda bisa lebih terjamin.

2. Pelayanan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas jika pelayanan pun menjadi pertimbangan penting bagi client. Untuk itulah cari agen jual beli ruko yang memberikan pelayanan baik, ramah dan memberikan pelayanan dengan cepat.

3. Harga

Setelah memilih ruko dan agen jual beli ruko yang pas, selanjutnya diskusikan harga yang sesuai dengan kemampuan Anda. Hanya saja jika Anda memiliki budget dengan batas tertentu maka sebaiknya carilah ruko berdasarkan budget tersebut, bukan carilah ruko yang kemudian budget bisa menyesuaikan.

Sebab apabila Anda mencari ruko dan budget menyesuaikan, kebanyakan yang terjadi adalah harga ruko lebih tinggi dibanding budget yang tersedia. Jadi intinya baik sebagai penjual maupun pembeli, proses jual beli ruko harus memenuhi 3 kualitas, yaitu kualitas pelayanan, kualitas ruko dan kualitas kesesuaian harga.